Monday, April 10, 2017

Tips untuk Menghindari Flu

Tips untuk Menghindari Flu - Bersin-bersin, sakit kepala, hingga tenggorokan gatal merupakan beberapa sinyal yang menandakan kalau anda akan terkena flu. Flu merupakan salah satu penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit yang satu ini memang terlihat ringan, tetapi faktanya ini sangat menjengkelkan. Karena itulah, dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang cara menghindari flu.
Flu atau dalam bahasa medis lebih dikenal dengan nama Influensa merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat adanya infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Sehingga mempengaruhi kerja hidung, tenggorokan dan yang paling jarang terjadi, paru-paru anda.

Penyakit flu ini dapat dengan mudah mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti berbagi minuman,  kontak langsung, berbagi alat makan,juga batuk dan bersin. Kuman penyabab flu ini bisa menyebar melalui sentuhan atau udara. Sehingga, haru hati-hati.

Berikut adalah Tips untuk Menghindari Serangan Flu :


1. Perbanyak Minum Air Putih
Sudah banyak kita ketahui, bahwa konsumsi air putih mempunyai segudang manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bisa mencegah dan mengatasi flu yang menyerang. Jadi sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam satu hari.Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Selain dengan memperbanyak konsumsi air putih anda juga bisa mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat seperti air puith hangat, air teh hangat, dan kopi. Karena pada saat flu, banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Sehingga, sangat disarankan agar anda banyak minum air hangat. Karena, cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Beristirahat Total
Kondisi tubuh yang lelah bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi melemah dan tentu saja flu dengan mudah akan menyerang tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka, sangat disarankan agar melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu. Karena jika sistem kekebalan tubuh terus melemah maka kondisi flu akan semakin parah.

4. Konsumsi Buan dan Sayuran
Saat kondisi tubuh anda melemah, dan sistem imunitas dalam tubuh berkurang. Hal yang paling utama adalah memerbanyak konsumsi buah dan sayur. Karena, di dalam buah dan sayur terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan tentunya mampu mengembalikan sistem imun dan mempercepat proses penyembuhan.

5. Gunakan Aroma Bawang
Bawang yang selama ini sering diggunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi flu. Aroma Bawang-Bawangan (bawang daun, merah, puith) mempunyai fungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Caranya cukup mudah dengan memegang bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mencegah dan mengatasi flu. Selamat mencoba semoga infromasi yang kami berikan saat ini bisa bermanfaat untuk anda. Semoga lekas sembuh, salam sehat keluarga Indonesia. :)

No comments:

Post a Comment